Thursday, November 07, 2019

Buku Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Sekolah

Buku Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Sekolah


Era globalisasi yang ditandai dengan persaingan yang sangat ketat dalam semua aspek kehidupan, memberi warna/pengaruh terhadap tuntutan akan kualitas sumber daya manusia, termasuk sumber daya tenaga pendidik dan kependidikan sebagai unsur yang mempunyai posisi sentral dan strategis dalam pembentukan SDM berkualitas. Kondisi tersebut diiringi dengan tumbuh dan berkembangnya tuntutan demokratisasi pendidikan, akuntabilitas, tuntutan kualitas serta jaminan mutu dari dunia kerja. Kondisi tersebut di atas mensyaratkan sekolah dan tenaga pendidik dan kependidikan untuk memiliki kualitas yang andal dan sebagai jaminan mutu hasil proses pendidikan yang dilakukan. Seiring dengan berbagai tuntutan kualitas tersebut pemerintah telah melahirkan berbagai peraturan perundangan yang pada dasarnya memberikan jaminan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan.

Berbagai upaya peningkatan mutu telah banyak dilakukan, tetapi pendidikan masih dihadapkan kepada berbagai permasalahan antara lain yang paling krusial adalah rendahnya mutu pendidikan. Dari berbagai kajian, ternyata salah satu faktor penyebabnya antara lain adalah: minimnya peran serta masyarakat dalam menentukan kebijakan sekolah sebagai akibat masyarakat kurang merasa memiliki, kurang tanggung jawab dalam memelihara dan membina sekolah dimana anak-anaknya bersekolah. Padahal apabila dikaji lebih lanjut beberapa komponen penentu peningkatan mutu sekolah antara lain adalah manajemen pemberdayaan masyarakat. Untuk itulah salah satu kebijakan dalam peningkatan manajemen sekolah adalah implementasi manajemen berbasis sekolah. Pendekatan ini sangat memerlukan partisipasi yang tinggi dari masyarakat, baik yang terwadahkan dalam komite sekolah, dewan pendidikan maupun masyarakat secara umum.

Keberhasilan penerapan manajemen berbasis sekolah tersebut sangat tergantung pada kemampuan kepala sekolah untuk dapat berperan secara aktif dalam pengelolaan sekolah dengan memberdayakan semua komponen yang terlibat dalam penyelenggaraan sekolah, khususnya dalam memberdayakan masyarakat secara keseluruhan. Ini berarti kompetensi kepala sekolah dalam pemberdayaan masyarakat perlu mendapat perhatian untuk ditingkatkan secara terus-menerus.

Pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor:13 tahun 2007, menegaskan bahwa salah satu indikator kompetensi kepala sekolah adalah kemampuan dalam manajemen pemberdayaan masyarakat. Kompetensi ini menjadi sangat penting dalam era otonomi sekarang ini.

Adapun Isi dari Buku yang kami bagikan kali ini meliputi pembahasan :

  1. Fungsi Umum Pendidikan dan Sekolah
  2. Pendidikan Dan Sekolah
  3. Keluarga Sebagai Medium Proses Sosialisasi
  4. Mengapa Pendidikan Memerlukan Masyarakat
  5. Perlunya Pengelolaan Hubungan Sekolah dengan Masyarakat
  6. Tujuan Hubungan Sekolah dengan Masyarakat
  7. Prinsip-prinsip Pelaksanaan Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat
  8. Prosedur Pelaksanaan Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat
  9. Teknik Hubungan Sekolah dan Masyarakat
  10. Bentuk-bentuk Partisipasi Orang Tua Murid/ Masyarakat yang Diharapkan Oleh Sekolah (Khususnya Sekolah)
  11. Upaya Menggalang Masyarakat
  12. Promosi Sekolah Kepada Masyarakat
  13. Peranan Kepala Sekolah Menggalang Dukungan Masyarakat
  14. Penyusunan Program Peran Serta Masyarakat.
  15. Model Perlibatan Masyarakat melalui Komite Sekolah
  16. Kerjasama dengan Pemerintah/Masyarakat Secara Umum
  17. Kerjasama Sekolah dengan Masyarakat Terorganisasi

Semua Pembahasan yang sudah di sebutkan diatas dibahas secara lengkap dalam Buku Manajemen tentang Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Sekolah. Bagi anda yang membutuhkan bisa dengan mudah didapatkan melalui link dibawah ini :

Buku Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Sekolah DISINI
Demikianlah kiranya berbagi Buku Manajemen tentang Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Sekolah. Semoga bisa menambah referensi dan tambahan ilmu khusus Kepala Sekolah dimanapun berada.


EmoticonEmoticon