Friday, July 13, 2018

Materi MPLS Tata Krama Siswa

Materi MPLS Tata Krama Siswa - Tanggal 16 Juli 2018 sudah dimulai lagi tahun pelajaran 2018/2019 untuk semua jenjang baik itu SD, SMP, SMA dan SMK Sederajat dan pada saat dimulai sekolah harus sudah melaksanakan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah).

Untuk anda yang kebetulan ditugaskan untuk memberi Materi MPLS Mengenai Tata Krama Siswa, kebetulan sekali kami akan bagikan file secara lengkapnya yang bisa di unduh di akhir artikel ini.

Sebelumnya untuk yang belum memiliki Juknis MPLS SMA dan SMK bisa di Unduh melalui link berikut ini :

Materi MPLS Tata Krama Siswa


Materi MPLS Tata Krama Siswa

Tata krama atau adat sopan santun atau sering disebut etiket telah menjadi bagian dalam hidup, contoh; pada waktu Anda masih kanak-kanak, orang tua Anda sudah melatih Anda menerima pemberian orang dengan tangan sebelah kanan dengan mengucapkan terima kasih.

Orang tua Anda melatih Anda cara makan, minum, menyapa, memberi hormat dan berpakaian. Lama kelamaan perilaku Anda menjadi kebiasan. Tata krama adalah kebiasaan, yang lahir dalam hubungan antar manusia. Tata krama yang semula berlaku dalam lingkungan terbatas lama kelamaan dapat merambah ke lingkungan yang lebih luas. Tata krama telah menjadi bagian dari pergaulan sehari-hari.

Jadi dapat disimpulkan bahwa tata kram adalah kebiasaan sopan santun yang dispakati dalam lingkungan pergaulan antara manusia setempat.
Tata krama terdiri atas kata tata dan krama. Tata berarti adat, aturan, norma, peraturan. Krama berarti sopan santun, kelakuan, tindakan, perbuatan. Tata krama berarti adat sopan santun, kebiasaan sopan santun. Dalam pergaulan sehari-hari sering kita jumpai manusia dengan type kedondong yaitu orang yang berpenampilan menarik dalam berpakaian, berbicara, makan, minum, dan berjalan. Namun penampilan itu hanyalah polesan saja. Ternyata hatinya dikuasai oleh sifat-sifat tak terpuji, suka dendam, egois, suka menyakiti hati. Ada juga manusia yang bertype durian, penampilan tidak menarik, kasar, dan tidak mengundang simpati, namun berhati emas, rendah hati, suka memaafkan, suka menolong dan menghargai orang lain.
Itulah point yang nanti bisa dijelaskan dalam pemberian materi dalam kegiatan MPLS di sekolah. Untuk penjelasan dari masing-masing point sudah terdapat dalam file yang kami bagikan.

Itu hanya sepenggal dari isi Materi MPLS Tata Krama Siswa, Untuk lebih jelasnya lagi silahkan lihat saja melalui preview file berikut ini :


Download File :
Demikianlah kiranya apa yang bisa kami bagikan mengenai Materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah untuk Tata Krama SiswaStay Tuned disini untuk update materi lainnya.


EmoticonEmoticon