Friday, July 13, 2018

Materi MPLS Pendidikan Karakter

Materi MPLS Pendidikan Karakter - Tanggal 16 Juli 2018 sudah dimulai lagi tahun pelajaran 2018/2019 untuk semua jenjang baik itu SD, SMP, SMA dan SMK Sederajat dan pada saat dimulai sekolah harus sudah melaksanakan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah).

Untuk anda yang kebetulan ditugaskan untuk memberi Materi MPLS Mengenai Pendidikan Karakter, kebetulan sekali kami akan bagikan file secara lengkapnya yang bisa di unduh di akhir artikel ini.

Sebelumnya untuk yang belum memiliki Juknis MPLS SMA dan SMK bisa di Unduh melalui link berikut ini :


Materi MPLS Pendidikan Karakter

Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Ahli

Penguatan pendidikan moral (moral education) atau pendidikan karakter (character education) dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda di negara kita. Krisis tersebut antara lain berupa meningkatnya pergaulan bebas, maraknya angka k3k3rasan anak-anak dan remaja, kejahatan terhadap teman, pencurian remaja, kebiasaan menyontek, penyalahgunaan obat-obatan, p0rnografi, dan perusakan milik orang lain sudah menjadi masalah sosial yang hingga saat ini belum dapat diatasi secara tuntas, oleh karena itu betapa pentingnya pendidikan karakter.

Adapun dalam materi didalamnya disampaikan beberapa pengertian pendidikan karakter menurut :
  1. Pendidikan Karakter Menurut Lickona
  2. Pendidikan Karakter Menurut Suyanto
  3. Pendidikan Karakter Menurut Kertajaya
  4. Pendidikan Karakter Menurut Kamus Psikologi
Terdapat sembilan pilar karakter yang berasal dari nilai-nilai luhur universal, yaitu:
  1. Karakter cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya
  2. Kemandirian dan tanggungjawab
  3. Kejujuran/amanah, diplomatis
  4. Hormat dan santun
  5. Dermawan, suka tolong-menolong dan gotong royong/kerjasama;
  6. Percaya diri dan pekerja keras
  7. Kepemimpinan dan keadilan
  8. Baik dan rendah hati, dan
  9. Karakter toleransi, kedamaian, dan kesatuan.
Itulah point yang nanti bisa dijelaskan dalam pemberian materi dalam kegiatan MPLS di sekolah. Untuk penjelasan dari masing-masing point sudah terdapat dalam file yang kami bagikan.

Itu hanya sepenggal dari isi Materi MPLS Pendidikan Karakter, Untuk lebih jelasnya lagi silahkan lihat saja melalui preview file berikut ini :


Download File :
Demikianlah kiranya apa yang bisa kami bagikan mengenai Materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah untuk Cara Belajar EfektifStay Tuned disini untuk update materi lainnya.


EmoticonEmoticon