Saturday, November 09, 2019

Buku Manajemen Layanan Khusus Sekolah

Buku Manajemen Layanan Khusus Sekolah

Buku Manajemen Layanan Khusus Sekolah - Kepala sekolah yang efektif adalah kepala sekolah yang memiliki kompetensi yang dipersyaratkan serta mampu mewujudkan kompetensi tersebut terutama dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai administrator, manajer, supervisor, dan seorang pemimpin (leader). Sebagai manajer pendidikan, kepala sekolah dituntut memiliki kemampuan memobilisasi sumber daya, baik manusia maupun non-manusia, bagi keefektifan sekolah.

Secara substantif, bidang garapan manajemen pendidikan meliputi: manajemen kurikulum/pembelajaran, kesiswaan, kepegawaian, keuangan, sarana dan prasarana, hubungan sekolah dan masyarakat, serta manajemen layanan khusus sekolah (management of special service), atau sementara ahli menyebutnya dengan manajemen layanan bantuan (management of auxiliary service). Pada dasarnya, manajemen layanan khusus di sekolah ditetapkan dan dan diorganisasikan untuk memudahkan atau memperlancar pembelajaran, serta dapat memenuhi kebutuhan khusus siswa di sekolah.

Secara koseptual, bidang garapan Manajemen Layanan Khusus Sekolah diantaranya meliputi: manajemen layanan bimbingan konseling, layanan perpustakaan sekolah, layanan kesehatan, layanan asrama, dan manajemen layanan kafetaria/kantin sekolah.

Layanan-layanan tersebut harus di kelola secara baik dan benar sehingga dapat membantu memperlancar pencapaian tujuan pendidikan di sekolah. Dengan perkataan lain, apabila layanan khusus sekolah ini direncanakan secara sistematik, diorganisasikan dan dipimpin dengan sebaik-baiknya, dikoordinasikan secara kontinyu, serta dievaluasi secara berkesinambungan maka akan membantu meningkatkan pencapaian tujuan pendidikan di sekolah secara efektif dan efisien.

Atas dasar pemikiran-pemikiran di atas, maka salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala sekolah yang profesional adalah mampu mengelola unit layanan khusus sekolah dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.
Daftar Isi Buku Manajemen Layanan Khusus Sekolah

MANAJEMEN BIMBINGAN DAN PENYULUHAN
  1. Konsepsi Dasar Bimbingan dan Penyuluhan
  2. Peranan Kepala Sekolah dalam Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling
  3. Peranan dan Fungsi Staf Sekolah Dalam Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah
  4. Masalah-Masalah Administratif dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah
MANAJEMEN USAHA KESEHATAN SEKOLAH
  1. Kesehatan sebagai Tujuan Pendidikan
  2. Masalah-Masalah Kesehatan yang Dihadapi Masyarakat
  3. Perencanaan Program Kesehatan Sekolah
MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
  1. Fungsi Perpustakaan
  2. Manajemen Perpustakaan Sekolah
  3. Implementasi layanan Perpustakaan pada Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah
  4. Kepala Sekolah dan Layanan Perpustakaan Sekolah
MANAJEMEN ASRAMA SEKOLAH
  1. Pengertian Asrama Sekolah (Boarding-School)
  2. Perkembangan Asrama dalam Sejarah Pendidikan
  3. Hakekat dan Fungsi Kehidupan Asrama Sekolah
  4. Tujuan Penyelenggaraan Asrama Sekolah
  5. Pengelolaan dan Penyelenggaraan Asrama Sekolah
  6. Organisasi Pengurusan Asrama
MANEJEMEN KAFETARIA SEKOLAH
  1. Tujuan dan Fungsi Kafetaria Sekolah
  2. Prinsip-Prinsip Kafetaria Sekolah
  3. Kafetaria dan Program Pendidikan di Sekolah
  4. Manajemen Penyelenggaraan Kafetaria Sekolah
Semua Pembahasan yang sudah di sebutkan diatas dibahas secara lengkap dalam Buku Manajemen Layanan Khusus Sekolah. Bagi anda yang membutuhkan bisa dengan mudah didapatkan melalui link dibawah ini :
Download Buku Manajemen Layanan KHusus Sekolah.pdf DISINI
Demikianlah kiranya berbagi Buku Tentang Manajemen Layanan Khusus yang ada di Sekolah dalam Format PDF. Semoga bisa menambah referensi dan tambahan ilmu khusus Kepala Sekolah dimanapun berada.


EmoticonEmoticon