Tuesday, October 15, 2019

Instrumen PMP SMP Tahun 2019

Berikut ini kami bagikan Instrumen PMP SMP Tahun 2019 dalam Format PDF yang bisa di Download Gratis serta lengkap memuat Instrumen untuk Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran, Siswa Kelas 7, 8, 9 dan Komite Sekolah/ Orang Tua Siswa.

Instrumen PMP SMP Tahun 2019

Instrumen PMP SMP Tahun 2019 - Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah dalam pasal 6 ayat (2) dinyatakan bahwa siklus kegiatan memetakan mutu pendidikan di tingkat satuan pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan; membuat perencanaan peningkatan mutu yang dituangkan dalam Rencana Strategis Pembangunan Pendidikan; dan memfasilitasi pemenuhan mutu di seluruh satuan pendidikan pada Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) Pendidikan Dasar dan Menengah dikembangkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan oleh Pemerintah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya.

Pemerintah mengembangkan sistem informasi mutu pendidikan untuk mendukung proses pemetaan mutu pendidikan yang mengintegrasikan seluruh data dan informasi tentang mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Pemetaan mutu pendidikan berdasarkan data dan informasi dalam sistem informasi mutu pendidikan dilakukan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dibantu Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan sekolah.

Instrumen pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah disusun mengacu delapan komponen standar nasional pendidikan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan, instrumen akreditasi yang disusun oleh Badan Akreditasi Nasional dan peraturan terkait lainnya. Diharapkan kepada seluruh pihak yang berkepentingan dalam pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah untuk mempelajari dan memahami perangkat instrumen ini.

Untuk saat ini Proses Pelaksanaan Pengisian Instrumen PMP Tahun 2019 dilakukan secara online/ Daring melalui http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745/login dengan menggunakan Akun SSO DAPODIK karena memang Aplikasi PMP Offline masih belum di Relase.

Sehingga salah satu caranya yakni Download Instrumen PMP yang dibagikan kali ini, untuk kemudian diperbanyak dan dibagikan kepada Kepala Sekolah, Guru Kelas, Guru Mata Pelajaran, Siswa Kelas 4, 5, 6 dan Komite Sekolah/ Orang Tua Siswa sebagai persiapan pengisian secara Online melalui akun masing-masing yang sudah sinkron Dapodik.

*) Pengisian Instrumen PMP Tahun 2019 menjadi tolak ukur mendapatkan BOS KINERJA Tahun 2020

Untuk anda yang membutuhkan terutama yang akan melaksanakan pengisian PMP secara Daring/ Online, bisa dengan mudah didapatkan Instrumennya melalui link dibawah ini :
Download Instrumen Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) SMP Tahun 2019
Itulah kiranya Informasi dan berbagi file tentang Instrumen PMP (Penjaminan Mutu Pendidikan) jenjang SMP Tahun 2019, semoga membantu dan bermanfaat.


EmoticonEmoticon