Saturday, August 10, 2019

Panduan Supervisi dan PK Guru untuk Kepala Sekolah

Berikut ini kami bagikan Panduan Supervisi dan PK Guru untuk Kepala Sekolah dalam format PDF yang bisa di Download Gratis.

Panduan Supervisi dan PK Guru

Kegiatan Supervisi dan PK (Penilaian Kinerja) Guru sudah menjadi agenda Rutin Kepala Sekolah dalam 1 tahun pelajaran. Panduan ini diharapkan dalam membantu Kepala Sekolah dalam pengembangan kompetensi dan profesinya pada pelaksanaan pelatihan penguatan kepala sekolah sebagai salah satu syarat untuk menduduki jabatan kepala sekolah.

Modul Panduan Supervisi dan PK Guru disusun untuk membekali kepala sekolah agar dapat melaksanakan tugas supervisi kepada guru dengan baik. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah disebutkan ada lima kompetensi kepala sekolah, yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, dan kompetensi supervisi.

Kepala sekolah adalah pemimpin dan sekaligus penanggung jawab terselenggaranya pembelajaran yang berkualitas di sekolah. Pembelajaran yang tinggi yang ditandai dengan kinerja yang baik. Oleh karena itu, kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk menjamin adanya proses peningkatan profesionalisme guru sekaligus melakukan penilaian kinerjanya.

Salah satu upaya penting dalam pengembangan pengembangan profesionalisme dan peningkatan kinerja guru di sekolah adalah supervisi kepada guru. Oleh karena itu kepala sekolah harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan supervisi kepada guru. Pada sisi lain, guru harus dinilai kinerjanya melalui mekanisme Penilaian Kinerja Guru (PK Guru).

Dua kegiatan tersebut memiliki tujuan dan pendekatan yang berbeda. Supervisi kepada guru lebih bersifat membantu guru dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, sedangkan PK Guru lebih condong pada justifikasi kinerja guru. Berbagai pendekatan, teknik dan model supervisi kepada guru yang dilaksanakan secara simultan di sekolah diharapkan berdampak pada peningkatan motivasi dan profesionalisme guru. Salah satu bentuk peningkatan profesionalisme guru adalah kinerja guru, yang diukur dengan mekanisme PK Guru.

Download Panduan Supervisi dan PK Guru

Setelah mempelajari modul Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru ini Saudara diharapkan mampu mengevaluasi hasil Supervisi kepada Guru dan Penilaian Kinerja Guru yang andal, sahih, transparan dan berkesinambungan.

Bagi Kepala Sekolah di SD, SMP, SMA dan SMK Sederajat yang membutuhkan secara lengkap Panduan/ Modul yang dibagikan kali ini, bisa dilihat melalui pratinjau dibawah ini atau langsung ke tombol link dibagian bawah.

Pratinjau File Panduan Supervisi dan PK Guru


Download File :
Itulah kiranya berbagi file dan informasi mengenai Panduan Supervisi dan PK Guru untuk Kepala Sekolah. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon